Puji, Neng, dan Warseno Dampingi Ahmad Sanusi Pimpin DPRD Purwakarta

PURWAKARTA, purwasukanews – Ahmad Sanusi dari Partai Golkar dilantik menjadi Ketua DPRD Purwakarta periode 2019-2014 melalui rapat paripurna di Gedung DPRD, Senin (9/9) siang.

Selain melantik Ahmad Sanusi, rapat paripurna yang dihadiri 34 anggota DPRD Purwakarta ini, juga menyampaikan tiga nama yang diusulkan masing-masing partai politik untuk menduduki jabatan wakil ketua.

Ketiga nama tersebut yakni Sri Puji Utami (Partai Gerindra), Neng Supartini (PKB), dan Warseno (PDIP). Pada komposisi DPRD sebelumnya, mereka juga menempati posisi yang sama.

Ahmad Sanusi yang sebelumnya dipercaya menjadi Ketua Sementara DPRD, membuka rapat paripurna tersebut. Dikatakannya, sesuai ketentuan UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pimpinan DPRD berasal dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak.   

“Partai politik yang memperoleh kursi terbanyak pertama, kedua, ketiga dan keempat di DPRD berhak mengisi jabatan ketua dan wakil ketua. Masing-masing mengajukan calon ketua dan wakil-wakil Ketua DPRD kepada pimpinan sementara, untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan dengan Keputusan DPRD,” ungkapnya.

Hal itu berdasarkan Keputusan KPUD Kabupaten Purwakarta No. 40/PL.01.8-KPT/321/KPU-KAB/VII/2019 tentang penetapan calon terpilih hasil Pemilu tanggal 17 April 2019 dan Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 171.2/KEP.588-Pmksm/2019 tentang peresmian pengangkatan keanggotaan DPRD Kabupaten Purwakarta masa jabatan 2019–2024, partai politik yang memperoleh suara terbanyak adalah Golkar, Gerindra, PKB, dan PDIP.

Melalui surat Pimpinan Sementara tertanggal 8 Agustus 2019, pihaknya menyampaikan surat kepada pimpinan masing-masing partai politik untuk menyampaikan calon pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan dengan Keputusan DPRD.

Sesuai ketentuan Pasal 70 Tatib DPRD No. 1/2018, maka nama-nama tersebut ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil-Wakil Ketua DPRD masa jabatan 2019–2024.

“Selanjutnya, akan diusulkan kepada Gubernur Jawa Barat melalui Bupati, untuk mendapatkan peresmian untuk mendapat peresmian pengangkatannya,” ungkapnya.

Sekretaris DPRD Purwakarta Suhandi menjelaskan, setelah diusulkan oleh DPRD, paling lambat sekitar satu minggu Keputusan Gubernur Jawa Barat akan keluar.(Set)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Share-->>>
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Close
PurwasukaNews.com | Jurnalisme Apa Adanya