Bangkit, Olahraga Purwakarta!

Oleh: Ajat Sudrajat*

Judul di atas  tepat teralamatkan  kepada para insan  olahraga di Purwakarta, sebagai motivasi dalam mengobarkan semangat untuk  mengukir prestasi olahraga di daerahnya sendiri.

PARA insan olahraga terpacu untuk melakukan  pembinaan atlet secara optimal, terencana dan kesinambungan, hingga  mencapai puncak  di Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022.

Prestasi olahraga Purwakarta harus bergema pada perhelatan olahraga akbar empat tahunan itu yang akan digelar di Tasikmalaya dan Bandung Barat.

Insan olahraga harus bersumpah akan menempatkan Kabupaten Purwakarta berada di barisan teratas dalam perolehan medali Porda tahun 2022.

Namun harus diakui untuk menggapai impian itu tidak mudah. Harus kerja keras. Tidak cukup dengan program pembinaan atlet saja, tetapi dukungan peralatan latihan serta ketersediaan biaya, hal yang sama-sama sangat penting.

KONI  sebagai induk organisasi olahraga harus berada di garis terdepan dan  menjadi armada handal untuk  membawa olahraga Purwakarta berprestasi. Baik di tataran Jawa Barat maupun nasional.

KONI Kabupaten Purwakarta memiliki catatan yang menunjukkan bahwa Kabupaten Purwakarta, sebagai daerah penyuplai atlet untuk PON, SEA Games dan event  bergengsi lainnya.

Untuk PON tahun 2020 di Papua, sejumlah atlet Purwakarta sudah dipersiapkan mengikuti seleksi, dan diharapkan banyak atlet asal Purwakarta peraih medali PON di bumi Cendrawasih itu.

KONI Kabupaten Purwakarta juga memiliki tugas lebih penting, yakni menyukseskan olahraga Purwakarta di Porda 2022. KONI dan insan olahraga, harus menyingsingkan lengan baju untuk menempatkan Purwakarta di barisan teratas dalam perolehan medali emas Porda mendatang.

Sebagai catatan, pada  Porda 2018 yang berlangsung di Kabupaten Bogor, kontingen Kabupaten  Purwakarta harus puas membawa pulang 14 medali emas.

Menghadapi PORDA 2022, persaingan akan semakin ketat dalam perebutan medali, dan sekaligus “persaingan gengsi” daerah.

Oleh sebab itu di samping pembinaan atlet secara intensif, KONI sebagai “orangtua” cabang olahraga, dituntut kerja keras selain mempersiapkan atlet.  Hal yang sangat penting adalah membangun sinergitas dengan pemerintah daerah.

Terobosan lain yang harus digarap KONI dalam upaya mewujudkan Purwakarta berprestasi, yakni menjalin kemitraan dengan kalangan swasta berupa program “bapak angkat”.               

Kerjasama dengan sekolah-sekolah di berbagai tingkatan, juga menjadi sangat penting dalam upaya pencetakan atlet potensial.

KONI Kabupaten Purwakarta juga harus memikirkan adanya lembaga khusus untuk pembinaan prestasi olahraga jangka panjang. Misalnya mendirikan Pusat Pelatihan Daerah atau PPLD.

Banyak hal yang harus digarap KONI Purwakarta untuk mengantarkan Kabupaten Purwakarta sebagai gudang atlet berprestasi tersebut.

     Hal yang sangat mendasar adalah,  komitmen pengurus KONI harus terbangun. Yakni membesarkan KONI, bukan berpikir ikut besar di KONI. Bangkit olahraga Purwakarta.*

*Penulis adalah Wakil Ketua Umum Binpres KONI Purwakarta dan wartawan senior   

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Share-->>>
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Close
PurwasukaNews.com | Jurnalisme Apa Adanya