Momen Hari Ibu: “Ibuku Terlunta-lunta di Jedah Selama 27 Tahun”

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Hari Ibu yang dijatuh pada Jumat (22/12) hari ini, menjadi momen yang tepat bagi Ratna Suminar (35). Dia berharap pemerintah sudi membantu memulangkan ibunya yang saat ini masih terlantar di Arab Saudi selama 27 tahun.

Ratna, warga Cipaisan Rt 13/04, Purwakarta, bercerita bahwa pada 1990 lalu ibunya yang bernama Cucum Sumiati pergi ke Arab Saudi menjadi tenaga kerja wanita (TKW).

Saat pergi ke Jedah, Arab Saudi, Cucum berusia sekitar 30 tahun. Suaminya bekerja sebagai penarik becak. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak.

“Ibu saya bekerja sebagai pembantu rumah tangga di sebuah keluarga. Memasuki satu tahun beliau bekerja, majikannya berbuat asusila. Ibu saya diancam akan dibunuh jika tak meladeninya,” kata Ratna.

Dia menambahkan, karena tak kuat menahan derita, ibunya angkat kaki dari rumah majikan yang tak amoral tersebut. “Ibu terlunta-lunta di negeri orang. Sempat juga kabur ke hutan karena dikejar-kejar polisi Arab. Ibu memang TKW ilegal,” tutur Ratna.

Akhirnya Cucum bertemu dengan seseorang yang juga berasal dari Indonesia. Mereka berdua tinggal di bawah jembatan. Tapi, tetap saja merasa tak tenang karena sering diburu polisi. Mereka sering berpindah tempat dan hingga kini keberadaannya tak diketahui.

“Sejak dulu ibu berharap bisa kembali ke Purwakarta. Namun, tak ada uang. Akhirnya hidup ibu terkatung-katung di Jedah, dengan berpindah-pindah tempat. Saya ingin ibu bisa segera pulang,” isak Ratna.

Dia melanjutkan, saat ibunya pergi ke Jedah, Ratna masih duduk di bangku sekolah dasar. Yang membuatnya semakin sedih, kakek dan neneknya (orang tua Cucum) telah meninggal, karena menelan penderitaan memikirkan nasib Cucum.

“Saya kontak terakhir dengan ibu sekitar tiga bulan lalu. Beliau menangis ingin segera kembali berkumpul dengan keluarganya yang tersisa di Purwakarta. Beliau sudah sakit-sakitan,” tutur Ratna.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Seusai Debat Publik, Netizen Purwakarta ‘Perang’ Komentar https://t.co/EqCpWRGhvw
PurwasukaNews.com
[OPINI]: Debat Publik Belum Lahirkan Gagasan Original https://t.co/puRaoOHoEJ
Follow PurwasukaNews.com on Twitter