Banner Atas

Bahas Rencana Pembangunan Purwakarta, Dewan Tak Dilibatkan

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar di Bale Yudistira, Rabu (26/12) tak dihadiri unsur legislatif. Wakil Ketua DPRD Purwakarta Neng Supartini mengaku tak diundang dan tak tahu adanya acara tersebut.

Musyawarah yang membahas tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  tersebut, kata Neng, seharusnya melibatkan unsur legislatif.

 “Untuk membahas RPJMD, seharusnya Pemkab dan dewan duduk bareng. Ini agar masyarakat tahu visi dan misi bupati untuk rencana pembangunan lima tahun ke depan. Agar masyarakat tahu janji-janji politik bupati saat kampanye dulu,” kata Neng.

Hal senada diungkapkan Isep Syafrudin Yahya, anggota dewan dari Nasdem. Menurut Isep, tak etis jika dalam musrenbang eksekutif tak mengundang legislatif. “Lazimnya dewan sebagai kepanjangan dari rakyat turut diundang, seperti musrenbang tahun-tahun sebelumnya. Harus ada sinergitas,” ujarnya.

Isep menambahkan, dalam membahas rencana pembangunan, semua unsure harus dilibatkan, “Tanpa mengundang dewan, jadi tandatanya besar bagi saya,” tandas Isep.

Dia menerangkan, semua program pembangunan yang direncanakan pemkab, membutuhkan biaya. Baik itu bersumber dari belanja daerah atau pendapatan daerah.

“Kemudian rencana itu digodok dewan melalui Badan Anggaran (banggar). Nah, semua biaya yang dibutuhkan itu harus diketahui dan disetujui dewan. Jadi, sangat lucu kalau dewan tak dilibatkan dalam musrenbang,” imbuh Isep.

Isep menyayangkan sikap unsur pimpinan dewan yang terkesan tak bereaksi saat lembaga legislatif ini tak dilibatkan dalam musrenbang. “Ya, memang kita semua tahu, di Purwakarta ini sedang terjadi krisis kepemimpinan,” katanya.

Anggota Dewan dari PPP, Budi Sopani Muplih berbeda pendapat dengan Neng dan Isep. Menurut Budi, dalam musrenbang unsur legislatif tak perlu diundang dan hadir.

 “Tak ada kewajiban pemkab mengundang dewan. Kewajiban dewan itu ada pada tahap pembahasan, yakni pada KUA/PPAS, RPABD, dan APBD,” terang Budi.(bes)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter