Banner Atas

Takut Terjangkit Rabies, Ratusan Binatang Disuntik Massal

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Takut terkena penyakit rabies, ratusan pecinta binatang membawa binatang kesayangannya untuk diimunisasi di lapang Sahate, Minggu (21/10) pagi.

Imunisasi massal untuk binatang peliharaan ini digelar Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Purwakarta menyambut World Rabies Day. Dalam penyelenggaraannya, Disnakkan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Jawa Barat.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta, drh Sri Wuryasturati mengatakan, imunisasi diberikan tanpa dipungut biaya. Dia menerangkan, Purwakarta sebenarnya sudah terbebas rabies sejak 1975.

“Namun karena binatang peliharaan banyak juga yang didatangkan dari daerah lain. Itu belum tentu terbebas dari rabies. Jika terserang rabies, dikhawatirkan menularkan penyakitnya di Purwakarta,” kata Sri.

Dia menambahkan, imunisasi dilaksanakan terhadap seluruh binatang peliharaan, “Termasuk binatang di kawasan wisata seperti kuda. Karena di Purwakarta, kuda digunakan sebagai angkutan orang,” imbuh dia.

Sejumlah daerah di Jawa Barat belum bebas Rabies. Sejumlah binatang peliharaan yang dipelihara oleh komunitas pecinta binatang tidak diketahui status kesehatannya, “Karena lalu lintasnya tidak terpantau,” kata Sri.

Rabies delapan puluh persen dibawa dari binatang jenis anjing. Sementara 20 persennya dari binatang lain. Dalam imunisasi massal, Disnakkan menerjunkan sejumlah dokter hewan. Binatang yang dibawa oleh komunitas terlebih dahulu diperiksa. Apabila dinyatakan sehat, binatang tersebut di perbolehkan untuk diberikan suntikan imunisasi rabies.

Selain kucing, binatang yang paling banyak diimunisasi adalah musang  dan anjing. Seluruh kuda di Situ Buleud juga diimunisasi.

Dijelaskan Sri, binatang yang sudah diimunisasi dianjurkan untuk tidak dimandikan dulu. Imunisasi ulang harus dilakukan satu tahun ke depan.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Argumen Pemuda Purwakarta Gampang Dipatahkan https://t.co/iiqoEgLwuw
PurwasukaNews.com
Potret Buram Pemuda Ada di Depan Mata https://t.co/jFUOC2YVPn
Follow PurwasukaNews.com on Twitter