Banner Atas

Sukasari Bakal Jadi Daerah Wisata  

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Pelaksana Harian Bupati Purwakarta Ruslan Subanda mengatakan bahwa Kecamatan Sukasari, Purwakarta sudah diproyeksikan menjadi daerah kunjungan wisata.

Hal itu diungkapkan Ruslan di hadapan Direktur Jenderal (DIrjen) Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan RI Budiarso Teguh Widodo. Mereka hadir dalam acara Diseminasi Dana Desa di Gedung Yudhistira, komplek Setda Purwakarta, Jalan Gandanegara No 25, Kamis (29/3). 

Ruslan menjelaskan, selama 50 tahun Sukasari merupakan daerah terisolir akibat pembangunan Waduk Jatiluhur. Masyarakat setempat terpaksa memanfaatkan transportasi air karena akses jalan darat yang sangat memprihatinkan. 

“Sekarang Pemkab Purwakarta membangun akses jalan sepanjang 64 KM untuk warga Sukasari yang dilaksanakan secara padat karya. Partisipasi aktif masyarakat ikut tergenjot dan memberikan output berupa peningkatan penghasilan warga setempat,” papar Ruslan. 

Dia menambahkan bahwa warga Sukasari direkrut untuk membuka akses jalan tersebut. “Karena mereka warga asli yang mengenal kontur wilayah. Selain itu, mereka dilibatkan untuk membangun partisipasi publik,” katanya.

Ke depan, ruas jalan yang dibiayai dari APBD murni Purwakarta tersebut mampu meningkatkan nilai tambah. Sehingga Sukasari sebagai daerah wisata baru dapat terwujud.

“Pembangunan infrastruktur mampu meningkatkan nilai tambah bagi warga sekitar. Ke depan, daerah itu diproyeksikan sebagai kawasan wisata,” katanya. 

Dia mengatakan, partisipasi publik harus terus digenjot dalam pengelolaan dana yang bersumber dari APBN tersebut. Tanpa itu, dia sangsi semua orientasi dari dana desa akan terwujud. 

“Masyarakat desa itu adalah inti dari peningkatan kesejahteraan. Karenanya harus ada partisipasi nyata,” tambahnya.(bes)

 

 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Perangi Narkoba, Dewan Apresiasi Kinerja Polres https://t.co/piz8wfBWd4
PurwasukaNews.com
Takut Terjangkit Rabies, Ratusan Binatang Disuntik Massal https://t.co/7hoVodMSxh
Follow PurwasukaNews.com on Twitter