Ketua Apdesi: ‘Tak Ada Masalah dengan Siltap’

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Purwakarta tak mempersoalkan belum dibayarnya honor penghasilan tetap (siltap) bagi aparat desa. Kalau pun ada segelintir kepala desa yang ‘berteriak’, itu hanya satu-dua orang saja.

Demikian dikatakan Anwar Sadat, Ketua Apdesi Purwakarta saat beraudiensi dengan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di gedung negara, Senin (19/3) siang. Hadir dalam pertemuan tersebut, Penjabat Sekda Purwakarta Ruslan Subanda.

Adanya kepala desa yang memprotes soal utang siltap, Anwar mencurigai mereka adalah titipan dari tim sukses pasangan calon tertentu, “Sebelumnya saya sudah pernah memberi paparan kepada para kepala desa, bahwa tak ada masalah dengan siltap. Toh dana untuk siltap bisa dianggarkan di APBD perubahan,” katanya.

Anwar menerangkan, dia pernah melakukan studi banding ke beberapa desa di Jawa Barat. “Di kabupaten lain, honor aparat desa itu sangat kecil. Dibayarnya pun setiap enam bulan,” terang Anwar.

Dia memberi ilustrasi, di kabupaten lain, honor untuk tenaga Linmas hanya sebesar Rp 75 ribu, “Di Purwakarta mencapai Rp 400 ribu. Alangkah bersyukurnya kita di Purwakarta, dengan APBD yang tak seberapa tapi honor lebih besar,” imbuh dia.

Pada kesempatan yang sama, mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengaku masih bertanggungjawab terhadap berbagai hal di Purwakarta.

“Saya masih bisa memberi pendapat dan pandangan menyangkut berbagai problematika pembangunan di Purwakarta. Saya lihat, ternyata tak ada persoalan apapun. Likuiditas anggaran  akan mulai berjalan efektif,” kata Dedi.

Diakuinya, anggaran untuk Januari-Maret memang belum efektif karena  hanya mengandalkan Dana Alokasi Umum (DAU). Sisa DAU hanya Rp 35 miliar.

“Dana tersebut dipergunakan untuk tunjangan jabatan ASN Rp 11 miliar, Siltap Rp 9 miliar, dan penyelenggaraan Pilkada. Bulan April, akan masuk masuk dana bagi hasil,” imbuh dia.

Adanya dana bagi hasil, dengan sendirinya berpengaruh terhadap efektitivas untuk kegiatan, termasuk honor siltap. “Pada Mei dan  Juni keuangan sudah sangat stabil,” ujar Dedi.(bes)

 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Seusai Debat Publik, Netizen Purwakarta ‘Perang’ Komentar https://t.co/EqCpWRGhvw
PurwasukaNews.com
[OPINI]: Debat Publik Belum Lahirkan Gagasan Original https://t.co/puRaoOHoEJ
Follow PurwasukaNews.com on Twitter