Cari Solusi Bayar Utang, Pemkab Segera Gelar Rapat

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Purwakarta Ruslan Subanda berjanji akan menata kembali pengelolaan keuangan Pemkab Purwakarta. Langkah pertama, dia akan menggelar rapat koordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Senin (19/3) pekan depan.

Selain dihadiri Penjabat Bupati M Taufiq Budi Santoso, rapat akan dihadiri pula oleh sejumlah kepala dinas teknis. Untuk mengurai persoalan seputar keuangan pemkab, Ruslan akan segera mencari tahu penyebab dan menemukan solusinya.

“Saya berharap di forum rapat nanti akan mengemuka solusi yang terbaik. Tapi sebelumnya saya harus tahu dulu berapa tepatnya anggaran pemda yang mesti dibayarkan. Juga mencari tahu mengapa ada anggaran yang belum dibayarkan,” kata Ruslan di ruang kerjanya, Rabu (14/3).

Yang jelas, kata dia, tunggakan yang membelit pemkab harus segera dibayarkan. Ikhwal mekanisme dan sistem pembayaran, pihak pemkab akan menunggu saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Saat ini, BPK tengah melakukan pemeriksaan secara intensif di kantor pemkab.

Ditanya berapa anggaran yang mesti digelontorkan pemkab untuk menutupi semua tunggakan, Ruslan mengaku belum mengetahui secara persis. “Justru dari rapat nanti kita akan mengetahuinya,” tuturnya.

Sebagai gambaran, Ruslan menjelaskan, untuk membaya penghasilan tetap (siltap) perangkat desa tahun 2017, pemkab harus menguras sekitar Rp 40 miliar. Dengan rincian, Rp 10 miliar untuk setiap bulan, dikali empat bulan.

Sebelumnya, Ucok Ujang Wardi meminta M Taufiq Budi Santoso selaku bupati melakukan pembenahan terhadap seluruh instrumen pemerintahan di Purwakarta.

Mantan Ketua DPRD Purwakarta ini membeberkan, selain Siltap, ada beberapa tunggakan lainnya yang mesti segera diselesaikan.

Diantaranya, Jampis ke RSU Bayu Asih, honor guru mengaji, tunjangan jabatan ASN, sertifikasi guru, honor tenaga komputer, dan utang untuk pembayaran sejumlah proyek kepada pihak ketiga.

“Ini harus dituntaskan secara menyeluruh karena jika dibiarkan akan menimbulkan persoalan hukum,” kata Ucok.(bes)

 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Seusai Debat Publik, Netizen Purwakarta ‘Perang’ Komentar https://t.co/EqCpWRGhvw
PurwasukaNews.com
[OPINI]: Debat Publik Belum Lahirkan Gagasan Original https://t.co/puRaoOHoEJ
Follow PurwasukaNews.com on Twitter