Ucok Ujang Wardi: 'Pjs Bupati Harus Menginventarisasi dan Urusi Utang Pemkab'

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Mantan Ketua DPRD Purwakarta Ucok Ujang Wardi mengapresiasi M Taufik Budi Santoso sebagai Pjs Bupati Purwakarta. Dia meminta agar Budi melakukan pembenahan terhadap seluruh instrumen pemerintahan di Purwakarta.

“Budi harus memiliki political will untuk  melakukan konsolidasi dan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja ASN yang sudah terkarantina selama 15 tahun sepanjang pemerintahan petahana,” kata Ucok, Rabu (14/3).

Ucok juga meminta agar Budi menginventarisasi masalah atas karut marutnya pengelolaan keuangan, penertiban eselonering atau jenjang kepangkatan ASN, dan menyelesaikan kewajiban pemerintah daerah yang berpotensi menimbulkan korupsi.

Dibeberkan Ucok, persoalan yang selama ini tengah dihadapi Purwakarta diantaranya utang Siltap, Jampis ke RSU Bayu Asih, honor guru mengaji, tunjangan jabatan ASN, sertifikasi guru, honor tenaga komputer, dan utang untuk pembayaran sejumlah proyek kepada pihak ketiga.

“Ini harus dituntaskan secara menyeluruh karena jika dibiarkan akan menimbulkan persoalan hukum. Yang paling mendasar, adalah soal pengelolaan pemerintahan.

Dihubungi secara terpisah, anggota DPRD Purwakarta Isep Saprudin Yahya mengatakan, kewenangan yang diberikan Permendagri, tidak lagi membatasi kewenangan seorang Pjs bupati.

“Kebijakan yang sifatnya strategis bisa dilakukan oleh pejabat yang bukan kepala daerah definitive,” terang Isep. Senada dengan Ucok, Isep pun menyinggung soal menumpuknya utang pemkab.

“Menyelesaikan masalah utang merupakan bagian dari kewenangan dan kebijakan yang strategis. Itu prirotas utama. Pemkab wajib membayar utang. Pjs bisa bersama dengan dewan mengupas di mana letak permasalahan yang timbul,” ujar Isep.

Isep menilai Pjs Bupati M Taufik Budi Santoso merupakan sosok yang berkompeten untuk mengurus Purwakarta.(bes)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Polisi Selidiki Kasus Balita Tewas dalam Mobil https://t.co/rFXCnZfQDb
PurwasukaNews.com
Mobil Opel Blazer Hangus Terbakar di KM 88 Tol Cipularang https://t.co/74NngSerf1
Follow PurwasukaNews.com on Twitter