Banner Atas

Ketua KPU Ingatkan Caleg Tak Bodohi Masyarakat

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta Ramlan Maulana mengingatkan para calon legislatif (caleg) agar tak membodohi masyarakat saat berkampanye.

Ramlan berharap para caleg berkampanye secara sehat. Sebab, menurutnya, kampanye adalah pendidikan politik bagi masyarakat. Idealnya, para caleg memberikan edukasi untuk mencerdaskan masyarakat.

“Hindari kampanye yang terindikasi menjurus pada pelanggaran. Agar Pileg 2019 berjalan kondusif,” tandas Ramlan, Jumat (21/9) dini hari.

Dijelaskannya, kampanye yang melanggar diantaranya kampanye mengandung unsur SARA, melakukan tindak kekerasan, politik uang, dan kampanye hitam (black campaigne).

Kepada masyarakat, Ramlan mengimbau agar cerdas pula dalam memilih caleg. “Silakan lihat rekam jejak (track record) masing-masing caleg.

Seusai penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), tahapan selanjutnya yakni memasuki masa kampanye, mulai 23 September mendatang. Sepanjang masa kampanye, para caleg dipersilakan ‘menjual diri’ agar dipilih pada pemungutan suara.

Para caleg bisa memanfaatkan media social untuk ajang kampanyenya. Masing-masing caleg boleh membuat maksimal 10 akun untuk didaftarkan kepada KPU. Akun tersebut akan dipantau oleh Bawaslu.

“Konten-konten kampanye yang ditulis di luar akun terdaftar menjadi tanggungjawab masing-masing caleg. Jika terindikasi melanggar, itu masuk ke dalam kategori cyber crime dan menjadi ranah penegak hukum,” terang Ramlan.

Para caleg juga diberi kesempatan berkampanye melalui media masa selama 21 hari terakhir masa kampanye. “Setelah itu, kita memasuki masa tenang selama tiga hari sebelum hari pemungutan suara,” kata Ramlan.(bes)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Disebut-sebut Nikmati Uang Korupsi, Elektabilitas Caleg Petahana Menurun? https://t.co/QxRTJHgmUp
PurwasukaNews.com
“Tak Mustahil Dewan Jadi Tersangka” https://t.co/gkAIKvEdIW
Follow PurwasukaNews.com on Twitter