Banner Atas

[OPINI]: Surat Terbuka untuk Para Calon Bupati Purwakarta

Bagikan Berita:

oleh: Muhammad Awod Faraz Bajri

Fondasi utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah integritas, kredibilitas dan moralitas.

JIKA tiga poin ini sudah dimiliki para kandidat, dipastikan pemerintahan yang kelak akan dipimpinnya berjalan baik dan memberikan dialektika pencerahan, memberikan kesejahteraan buat masyarakat, dan mampu menggunakan anggaran negara untuk kemaslahatan masyarakat. Serta, bisa memastikan bahwa keuangan negara tetap sehat.

Seluruh kandidat Purwakarta pada Debat Publik 1 sudah menyampaikan visi misinya. Mereka perlu diapresiasi karena masing-masing kandidat memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menyampaikan gagasan tentang Purwakarta.

Ada kandidat yang menyampaikannya baru dalam tataran normatif, ada yang cukup radikal dalam menyelesaikan problem-problem krusial dan memberikan gagasan yang konstruktif dalam rangka memperbaiki tarap hidup masyarakat.

Ada kandidat yang sudah menunjukkan kekompakan dengan calon wakilnya. Ada pula yang terjadi miskomunikasi dengan calon wakilnya. Ada yang kurang mempersiapkan secara matang tentang visi misinya. 

Termasuk mengangkat isu korupsi pun ada yang bermain secara retorika, ada yang berbicara secara umum, ada yang cukup memberikan kepastian untuk memutus mata rantai persoalaan korupsi yang sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

Ada kandidat yang mengeksplorasikan gagasan-gagasannya dengan politik santun yang penuh nilai dan makna. Ada juga yang cenderung emosi. Ada yang cenderung bertabrakan satu sama lain. 

Seorang politisi itu bukan hanya mendeskripsikan fakta semata. Seorang politisi yang cerdas, mampu menggali makna dan nilai yang ada dalam politik.

Tahap pertama uji publik para kandidat yang disiarkan televisi swasta, baru dalam tahap persiapan menuju ujian tengah semester. Belum masuk pada Ujian Akhir Nasional.

Kesimpulan saya, ada kandidat yang sudah siap. Ada yang belum siap. Ada yang cenderung dipaksakan. Setiap kandidat memiliki nilai plus dan minusnya dari publik. Kelebihan kandidat harus dipertahankan dan kekurangan kandidat diperbaiki terutama dalam penajaman visi misi supaya lebih berbobot dan berkualitas.

Para kandidat pun harus mampu menyeleksi para tim sukses dan tim kampanyenya. Karena visi misi para kandidat juga banyak dibantu para eksekutor yang bekerja siang dan malam di belakang layar. Dan itu harus diperhatikan betul oleh para kandidat. 

Salah dalam menempatkan orang maka akan membahayakan eksistensi para kandidat ketika berhadapan dengan publik. Para kandidat harus mematangkan konsep, strategi, retorika dan komunikasi politiknya.

Komunikasi politik sangat penting untuk menyampaikan pesan-pesan politik di hadapan publik. Harus mampu menjawab setiap pertanyaan publik dengan bahasa yang lugas, tegas, konkret dan teoritik.

Debat Publik 1 masih menyisakan   beberapa pertanyaan publik tentang kesiapan para kandidat membangun Purwakarta. Pertanyaan publik yang masuk ke dalam inbox saya adalah:

1) Pendidikan; adalah salah satu poin penting dalam membangun peradaban bangsa. Tak ada satu pun negara yang maju kalau bukan menempatkan pendidikan menjadi prioritas dalam mencerdaskan anak bangsa. Serta, merupakan fundamen dalam berbangsa dan bernegara.

2) Korupsi; adalah kejahatan kemanusian yang paling berbahaya di alam semesta. Korupsi membuat rakyat semakin tertindas ekonominya. Yang diperlukan rakyat bukan hanya bermain pada tataran teoritisnya, melainkan sebuah terobosan radikal dalam memutus mata rantai korupsi, serta strategi dalam pemberantasan korupsi.

3) Kinerja Birokrasi, para kandidat harus menempatkan birokrasi yang mampu menerjamahkan visi misi pemimpinnya dan penempatan birokrasi harus berdasarkan profesionalitas.

Mesin-Mesin birokrasi akan berjalan dengan baik ketika APBD sehat. Selama APBD tidak sehat maka mesin birokrasi tidak akan berjalan dengan maksimal. Padahal yang dibutuhkan oleh publik adalah mesin birokrasi harus berjalan untuk melayani kepentingan masyarakat luas.

  1. Kesehatan; bidang ini harus semakin ditingkatkan terutama dalam peningkatan gizi untuk anak kecil. Termasuk memberdayakan Posyandu atau Puskesmas supaya lebih kuat melayani masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Termasuk mensosialisasikan hidup sehat kepada masyarakat. 
  1. Pembangunan, Pembangunan fisik diperlukan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat tetapi pembangunan moral lebih penting terutama dalam perbaikan akhlak. Karakter moral itu terdiri dari iman, takwa, rendah hati. Karakter kinerja  itu tangguh, tak mudah menyerah dan tuntas.

 Jika hanya mengandalkan karakter moral tetapi kinerja tidak ada, sama saja tak bermakna. Termasuk kinerjanya bagus tetapi tidak memiliki akhlak mulia, juga tak akan ada nilainya, baik di hadapan manusia dan di hadapan Allah. 

  1. Politik Nilai; Para kandidat harus menghadirkan politik santun dan berakhlak. Itu menjadi poin penting yang diharapkan masyarakat.

 Poin-poin ini saya rangkum berdasarkan keinginan publik yang mereka sampaikan kepada saya. Ini untuk bisa disampaikan dan dilaksanakan para kandidat yang kelak terpilih.**

Penulis adalah Dosen Sosiologi Agama STAI Al Muhajirin Purwakarta

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Cinta Kasih Bertabur di Gang Beringin https://t.co/r4ZLDDvkGp
PurwasukaNews.com
Ketua KPU Ingatkan Caleg Tak Bodohi Masyarakat https://t.co/k35o1eaUjW
Follow PurwasukaNews.com on Twitter