HOT NEWS

RAKYAT MEMILIH

HUKUM & KRIMINAL

Kades Dilaporkan Ke PolisiKades Dilaporkan Ke Polisi

net/pepep/tv9
Purwakarta - Seorang Kepala Desa di Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta, berinisial TS ,44, dilaporkan polisi atas dugaan pemerkosaan seorang janda empat anak.  [ ... ]

Berita Lain

POLITIK

Hari ini Pemilihan Suara Ulang DigelarHari ini Pemilihan Suara Ulang Digelar

hikam/pepep/tv9
Purwakarta - Hari ini, di Kabupaten Purwakarta pemungutan ulang digelar di 14 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di Tiga daerah pemilihan (Dapil) dari E [ ... ]

Berita Lain
  • Pemkab akan beribantuan 50 Juta Untuk Sekolah yang Menyediakan Tanaman Herbal

    Pemkab Purwakarta akan berikan bantuan sebesar Rp 50 juta bagi sekolah yang menyediakan lahan untuk laboratorium tanaman herbal Selanjutnya...

  • Anda ditemukan di Perairan Waduk Jatiluhur

    Anda Suhenda (60) warga Kampung Hegarmanah RT 02/17 Desa Lagadar, Kecamatan Marga Asih, Kabupaten Bandung ditemukan jasadnya di Perairan Waduk Jatiluhur Selanjutnya...

82 Desa se-Kabupaten Purwakarta Siap Laksanakan Pilkades

Totong Hidayat
pepep/ramdan/pn

Purwakarta - Sebanyak 82 desa yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta, secera serempak akan melaksanakan pemilikan kepala desa (Pilkades). Tahapan demi tahapan menjelang pelaksanaan Pilkades terus bergulir dan saat ini sampai pada tahapan penjaringan bakal calon (balon) kepala desa.

“Dari 17 Kecamatan yang akan menggelar Pilkades,  Kecamatan Plered yang paling banyak melaksanakan enam Pilkades dan Kecamatan Pondoksalam yang paling sedikit hanya dua desa.” Demikian dikatakan Kabag Pemerintahan Desa, (Pemdes) Totong  Hidayat, Selasa (18/6) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dia mengatakan  banyak hal yang akan terjadi dalam pilkades nanti khususnya persoalan bakal calon yang sekarang mulai dalam tahapan penjaringan. Dimana ada beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mendaftar.

“Untuk PNS bisa mendaftar menjadi calon, asal ada ijin dari pimpinan. Hanya khusus di Kabupaten Purwakarta,  PNS yang berasal dari guru tidak boleh ini menjadi kebijakan Pemkab Purwakarta, karena tenaga pengajar sangat dibutuhkan. Berbeda dengan pemilihan legislatif (Pileg) bagi PNS yang akan menjadi calon pileg harus mengundurkan diri terlebih dahulu, Itu perbedaannya,” ujar Totong.

Untuk  Pilkades rujukan hukumnya diatur dalam UU Nomor  32/2004, PP Nomor 72/2005 kemudian PP Nomor 75/2003. Selain itu untuk teknisnya  payung hukumnya melalui Perda Nomor 11/2006 dan perubahan Perda yang sama. Inti dari perubahan Perda dimasalah usia calon tidak dibatasi usia maksimal sedangkan untuk minimal usia 25 tahun.

Masih menurutnya keunikan Pilkades sangat berbeda dengan Pilkada, karena untuk Pilkades suara yang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus dua pertiga dari jumlah suara. Kalau tidak memenuhi maka Pilkades harus diulang, “Seandainya dalam batas waktu yang telah ditentukan ditutupnya pemungutan suara, namun jumlah suara belum sampai dua pertiga . Maka, panitia harus menunggu sampai jumlah suara dua pertiga,” tegasnya.

Bila ditunggu sampai waktu yang ditentukan masih juga belum memenuhi, maka Pilkades harus ditunda. Bisa diulang dengan waktu yang ditentukan kemudian hari atau menunggu sampai memenuhi ketentuan jumlah suara.

Sedangkan untuk persayaratan pendidikan, minimal pendidikan terakhir Sekolah Menengah Pertama, (SMP) dan ijasah persamaan bisa dipergunakan atau yang sederajat.

Pemkab Purwakarta, memberikan bantuan kepada pantia setiap pantia  Pilkades, diberikan anggaran sebesar Rp. 20.000.000. Panitia pilkades boleh mencari dana, namun sipatnya yang tidak mengikat dan partisipasi masyarakat. Maka untuk balon yang akan memberikan bantuan boleh karena masuk dalam partisipasi masyarakat. (P6)

SMK BAKTI MANDIRI

595231
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Kemarin
Bulan ini
Bulan Kemarin
Total
145
409
2148
572261
15622
24541
595231

IP Anda: 54.198.36.179
Server Waktu: 2014-04-24 08:24:13

Sekretariat TV9 News

Untuk Informasi atau Pemasangan Iklan

Address:
Alamat: Jl. Veteran Gg. Kenanga 1 No. 7     
            Purwakarta
            Jawa Barat Indonesia
Phone:

Tlp    : 0812 1009 6849 (Ryan Wilyoung)

          0852 9460 4420 (Dadan Ramdan)

Email:

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.