Banner Atas

Cemari Sungai Cikembang, IPAL PT Libolon Disegel Polisi

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Instalasi Pengolahan Air limbah (IPAL) milik PT Indonesia Libolon Fiber System disegel Satreskrim Polres Purwakarta. Perusahaan yang berlokasi di Jalan Industri Ubrug Jatiluhur ini, diduga membuang limbah beracun ke anak sungai Citarum.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta AKP Agtha Bhuwana Putra mengatakan, ada indikasi perusahaan tersebut telah membuang limbah ke Sungai Cikembang tanpa melalui proses. Diketahui pula bahwa IPAL di perusahaan tersebut belum mengantongi izin.

Untuk memastikan kadar air limbah yang dibuang perusahaan penghasil tekstil milik Taiwan ini, polisi mengambiol sample air limbah yang dibuang ke Sungai Cikembang.

Pengawasan terus diintensifkan terhadap perusahaan-perusahaan yang berada di DAS Citarum, menyusul dikeluarkannya Peraturan Presiden mengenai Citarum Harum, “Setiap yang berkaitan dengan sungai terpanjang di Jabar ini akan diawasi. Apalagi dengan adanya dugaan pembuangan limbah oleh perusahaan ke sungai Citarum tanpa melalui proses. Kami akan tindak tegas,” ungkap Agtha.

Dikatakan AKP Agtha, perusahaan ini masih berproduksi meski PT Libolon diduga melakukan dua pelanggaran,  yakni membuang limbah tanpa pengolahan dan tak mengantongi izin IPAL.

Dijelaskan Agtha, perusahaan ini telah melanggar UU Lingkungan Hidup (LH). Untuk proses selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas LH setempat, dan menunggu hasil uji laboratorium terhadap kadar air limbah.

“Penyegelan akan berlanjut dan dibuka kembali setelah kasus hukumnya jelas,” terangnya. Sementara itu, General Manager PT Indonesia Libolon Fiber System, Andi Wijaya mengaku perusahaannya beroperasi sejak enam bulan lalu. PT Indonesia Libolon Fiber System menempati lokasi yang dulu dimanfaatkan oleh PT Taroko. Namun karena PT Taroko bangkrut, pabrik tersebut dibeli pemilik PT Libolon.

Andy membantah tudingan yang menyatakan bahwa perusahaannya membuang limbah tanpa proses, “Perusahaan ini masih baru. Izinnya sedang diproses, sambil membangun IPAL,” kata Andy.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Disebut-sebut Nikmati Uang Korupsi, Elektabilitas Caleg Petahana Menurun? https://t.co/QxRTJHgmUp
PurwasukaNews.com
“Tak Mustahil Dewan Jadi Tersangka” https://t.co/gkAIKvEdIW
Follow PurwasukaNews.com on Twitter