Banner Atas

Kajari Minta Anggota Dewan Kooperatif

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Purwakarta Syahpuan meminta para anggota DPRD kooperatif menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi anggaran perjalanan dinas. Dia menargetkan pemeriksaan rampung pekan ini.

Kepada purwasukanews, Kajari menjelaskan bahwa pihaknya perlu memeriksa anggota dewan, “Ini dilakukan untuk mengetahui prosedur penggunaan anggaran dan ke mana anggaran tersebut mengalir,” katanya, Rabu (4/4) malam ini.

Dia berharap para anggota dewan bisa hadir sesuai jadwal pemanggilan. Tujuannya, untuk memperlancar proses penanganan kasus tersebut.

Pihaknya memerlukan pendalaman sebelum keluar surat P 16 A, yakni Surat Perintah Penunjukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyelesaikan perkara tindak pidana.

“Ya, keterangan dari para anggota dewan diperlukan sebelum berkas dua tersangka dilimpahkan ke Pengadilan,” kata Kajari.

Ditanya apakah pihaknya sudah menemukan indikasi adanya tersangka baru, Kajari menjelaskan bahwa semua tergantung hasil BAP. “Yang jelas, kami ingin proses hukum tak terhambat dan berjalan semestinya,” tuturnya.

Dijelaskan Kajari, bersamaan dengan pemeriksaan terhadap anggota dewan, dia tak berada di tempat karena ada tugas di luar daerah. Untuk itu, dia belum mengetahui secara lengkap laporan hasil pemeriksaan yang dilakukan jajarannya.

Para anggota  dewan diperiksa secara marathon sejak Selasa (3/4) dan Rabu (4/4). Diagendakan, pemeriksaan juga akan digelar pada Kamis (5/4).

Berbeda dengan Kajari yang terbuka soal proses pemeriksaan, sebagian besar anggota dewan memilih tutup mulut. Akibatnya publik berspekulasi, jangan-jangan para wakil rakyat itu, juga menikmati uang hasil korupsi.

Beruntung, dua anggota dewan, yakni Budi Sopani Muplih dan Isep Saprudin Yahya mau buka suara. Seakan mewakili rekan-rekannya, Budi dan Isep menjelaskan bahwa dalam kasus tersebut, dewan dalam posisi dirugikan.

Keduanya mengatakan, dalam beberapa kegiatan kunjungan kerja yang belakangan diketahui fiktif, tandatangan para anggota dewan dipalsukan. “Padahal saya tak merasa menandatanganinya,” kata Isep.(bes)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Perangi Narkoba, Dewan Apresiasi Kinerja Polres https://t.co/piz8wfBWd4
PurwasukaNews.com
Takut Terjangkit Rabies, Ratusan Binatang Disuntik Massal https://t.co/7hoVodMSxh
Follow PurwasukaNews.com on Twitter