Banner Atas

Tragedi Cirata, ‘Semoga Anak Istri Saya Segera Ditemukan’

Bagikan Berita:

Tragedi perahu karam di Waduk Cirata yang mengakibatkan enam korban hilang, menyisakan duka teramat dalam bagi Abidin. Istri dan anaknya turut menjadi korban dan hingga kini belum ditemukan.

ABIDIN (52), warga Kampung Rawa Baru RT 13/3 Desa Sirnagalih, Kecamatan Maniis, Purwakarta, terus berdoa agar istrinya, Iat Solihat (44) dan anak perempuannya, Siti Nurhasanah (10), segera ditemukan Tim Gabungan yang saat ini masih berupaya melakukan pencarian.

"Saya mendapat kabar dari tetangga bahwa istri dan anak saya tenggelam,” cerita Abidin saat ditemui di rumahnya, Sabtu (23/12) lalu. Hari itu dia memang tak ikut pergi ke Cinusa di tengah perairan Cirata untuk memanen cabe.

Abidin mengaku sebelumnya tak mendapatkan firasat apa-apa. "Sebelum pergi, istri saya bilangnya mau pergi ke sawah. Eh, ternyata dia malah pergi ke Cinusa dengan Siti, anak bungsu saya,'' ucap Abidin.

Setiap hari, dia terus mengikuti perkembangan informasi. Ini merupakan penantian panjang bagi Abidin. Kendati hingga saat ini istri dan anak bungsunya belum ditemukan, dia yakin tim sudah bekerja sangat maksimal.

“Saya yakin semua korban pada akhirnya akan ditemukan,” ujar lelaki yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini. Raut wajahnya masih menampakkan kesedihan. Namun Abidin sudah pasrah dan menyadari bahwa apa yang telah menimpa keluarganya merupakan sebuah takdir.

                                                                                     ***

Kisah haru, datang dari salah satu korban yang selamat dari tragedi Cirata. Namanya Mak Ipih (50), warga Kampung Rawabaru Rt 13/3 Desa Tegaldatar, Kecamatan Maniis.

Ibu beranak tujuh itu pergi ke Cinusa bersama dua anaknya. "Pagi itu saya hendak memanen cabe dan kacang tanah untuk saya jual, karena hasilnya mau saya sumbangkan untuk acara Maulid Nabi di majlis dekat rumah," ungkap Mak Ipih, di rumahnya.

Setelah selesai memetik cabe di Cinusa, dia bersama anak dan para tetangganya beranjak pulang. Mereka menaiki perahu yang sudah menjadi langganannya.

Mak Ipih mengaku tak mengetahui secara pasti penyebab kejadian nahas yang menimpanya saat itu. Kejadiannya begitu cepat. Yang dia rasakan, semua penumpang yang berjumlah 15 panik saat perahu oleng terombang-ambing ombak.

Detik berikutnya, perahu terbalik. “Semua penumpang tercebur. Saya berusaha memegang bagian perahu agar tak tenggelam. Entah berapa lama kemudian, saya melihat ada sebuah perahu mendekat untuk memberikan pertolongan,” tutur Mak Ipih.

Mak Ipih dan para penumpang lainnya segera ditolong. Mereka dinaikkan ke perahu. Sayangnya, tak semua penumpang terangkat. Enam penumpang lainnya hilang. Saat saya dinaikkan ke perahu, kedua anak saya ternyata sudah ada di dalam perahu itu,” cerita Mak Icih.

Mak Icih dan delapan penumpang lainnya berhasil dibawa ke tepi perairan. Hingga saat ini, dia masih mengaku trauma. Satu sisi, dia bersyukur karena dia beserta kedua anaknya selamat. Namun pada sisi lain, dia harus menerima kenyataan bahwa tragedi tersebut mengakibatkan sejumlah tetangganya hilang.

Sejak peristiwa itu, Mak Icih tak berminat lagi pergi ke Cinusa, untuk keperluan apapun. “Kejadian itu masih terus teringat,” ujarnya.

Seperti diketahui, enam penumpang perahu hilang saat perahu berpenumpang 15 orang itu karam di Waduk Cirata, tepatnya di Blok  Nusa Desa Tegaldatar, Kecamatan Maniis, Purwakarta, Kamis (21/12) sekitar pukul 14.00.

Penumpang merupakan para petani dan keluarganya, warga Kampung Rawabaru, Desa Sinargalih, Maniis yang hendak pulang setelah memanen cabe di Cinusa, sebuah daratan di tengah perairan Cirata.

Sejak peristiwa terjadi hingga saat ini, semua korban hilang belum ditemukan. Tim SAR gabungan telah mengerahkan personel terbaiknya untuk menemukan para korban.(gin)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Tiga Mobil Tabrakan di Tol Cipali, Lima Tewas https://t.co/O7mcKxBRmG
PurwasukaNews.com
Irsyad Nasution Gantikan Ruslan Subanda https://t.co/fy50KQAXQg
Follow PurwasukaNews.com on Twitter